Bupati Sambari Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Sehat

Bupati Gresik berangkatkan jalan sehat

 

GRESIK.  BiDIK. Pemerintah Kabupaten Gresik menggelar jalan sehat dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 yang sekaligus menyambut HUT Korpri ke 46 dan HUT PGRI ke 72 serta Hari Guru Nasional yang berlangsung di halaman Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Jumat pagi (24/11/2017).

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfah Sambari, ketua GOW Kabupaten Gresik Hj. Zumrotus Sholihah Qosim, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Gresik Ning Esthi Djoko serta sejumlah jajaran Forkopimda melepas lebih dari lima ribu peserta jalan sehat.

Mereka terdiri dari pegawai puskesmas se-Gresik, pegawai rumah sakit, pelajar SMP, SMA, serta pegawai di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik hingga masyarakat umum.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik mengklaim bahwa penyelenggaraan jalan sehat kali ini lebih ramai daripada sebelumnya. “Antusias pelajar dan warga sangat besar dalam pelaksanaan jalan sehat kali ini. Sangat ramai dan meriah sekali karena dihadiri langsung oleh pak Bupati (Dr. H. Sambari Halim Radianto),” ungkap Suyono.

Rute yang dilalui peserta juga lumayan jauh, yakni sekitar 3,7 kilometer. Namu tak menyurutkan semangat peserta dalam mengikuti jalan sehat tersebut sesuai engan rute.

Rutenya adalah start dari Jalan Jaksa Agung Suprapto, menuju ke Jl. Malik Ibrahim, belom kiri menuju jalan Wachid Hasyim, kemudian menuju jalan M.H. Thamrin, kemudian mengarah ke Jalan Usman Sadar dan kembali lagi ke jalan Jaksa Agung Suprapto hingga finish di halaman WEP Gresik.

Selain jalan sehat, rangkaian acara lainnya adalah pameran stand kesehatan, pemeriksaan kesehatan secara gratis dan resepsi HKN yang berlangsung di gedung WEP II.

Bupati Sambari dalam sambutannya mengatakan bahwa dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Kemudian didukung dengan Germas (Gerakan masyarakat hidup sehat). Ini mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat, yang dapat membentuk bangsa yang kuat. Sehingga bisa membangun kemandirian keluarga dan masyarakat yang hidup sehat sebagai upaya promotive dan preventif yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Bupati Sambari.

Demi menciptakan masyarakat yang produktif lanjut Bupati dan dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional, dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat untuk membiasakan kebiasaan sehat.

“Minimal dengan melakukan aktifitas fisik 30 menit setiap hari dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang sepeti konsumsi sayur dan buah setiap hari. Juga lakukan cek kesehatan rutin, tidak merokok dan ciptakan lingkungan yang bersih,” pesannya.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan bagi 5 puskesmas terbaik dalam kinerja pencapaian kampanye Measles Rubella di kabupaten Gresik tahun 2017.

5 puskesmas terbaik itu adalah puskesmas Manyar, puskesmas Kebomas, puskesmas Driyorejo, puskesmas Wringinanom dan puskesmas Balongpanggang. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Drs. Kng. Djoko sulistio Hadi didampingi Ketua TP PKK, Ketua GOW dan Ketua Dharma Wanita. (Ali)

Be the first to comment

Leave a Reply