Administrasi Kependudukan Tak Hanya Angka dan Data

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko

BIDIK, Kota Batu–Tanpa pengelolaan yang tepat, besarnya jumlah penduduk akan menimbulkan beban ekonomi dan pembangunan. Pada saat menyampaikan pendapat dan tanggapan ranperda inisiatif DPRD Kota Batu terkait administrasi kependudukan, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan harus dikelola untuk menunjang pembangunan nasional dan daerah (Kamis, 11/1).
“Banyaknya penduduk akan menambah beban, sebaliknya akan berarti jika turut berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan,” seru Dewanti.
Sejalan dengan amanat undang-undang, pemerintah daerah turut bertanggung jawab perihal penyelenggaraan administrasi kependudukan. Dewanti menekankan tepatnya pengelolaan informasi kependudukan. Data informasi kependudukan yang akurat menjadi bahan pertimbangan menyusun kebijakan pembangunan.
“Fungsi administrasi kependudukan sangat vital. Tak hanya angka dan data,” tandas dia.
Ia mengatakan penyelenggaraan administrasi kependudukan berjalan baik karena kesadaran masyarakat yang tinggi mendukung penyelenggaraan administrasi kependudukan yang optimal. Ia menambahkan disusunnya ranperda administrasi kependudukan untuk memfasilitasi dan mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan seperti E-KTP, kartu keluarga maupun akte kelahiran.
“Terpenting fasilitas diberikan secepatnya tanpa pungutan. Pemkot Batu terus berinovasi mewujudkan tertib administrasi kependudukan,” tegas Dewanti. (Didid)

Be the first to comment

Leave a Reply