Ajak Sharing dan Diskusi Peserta Jasa Konstruksi

(BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo)

Diskusi yang membahas mekanisme melindungi tenaga kerja, administrasi dalam prosedur cara klaim JKK, JKM dan PAK di Vasa hotel, Kamis (10/8/2017). (Foto : hari)

SURABAYA | BIDIK – Dinas Ketenagakerjaan Surabaya dan 11 perusahaan dibidang jasa konstruksi diundang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo untuk Focus Group Discussion di Vasa hotel, Kamis (10/8/2017).

Perusahaan tersebut antara lain, PT PP Tbk Proyek Samator, PT PP Tbk Grand Sungkono Lagoon, PT PP Tbk Proyek Underpass Murinda Iron Steel, PT  Nusa Raya Cipta, PT Tata Mulia Nusantara Indah, PT Jagat Konstruksi Abdi Persada, PT Pulau Intan Baja Perkasa Konstruksi dan PT Lintech Duta Pratama.

Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, FY Agustina Burhan menjelaskan, diskusi ini bertujuan untuk saling memberi masukan, kritikan serta solusi dari permasalahan dalam program BPJS Ketenagakerjaan dalam hal Jasa kosntruksi.

“Jadi dalam diskusi ini kita saling sharing dan bertukar pikiran. Seperti kepesertaan di Jasa Konstruksi, regulasi yang digunakan untuk melindungi tenaga kerja, administrasi dalam prosedur cara klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Penyakit Akibat Kerja (PAK),” ungkap Rina, sapaan akrabnya seusai diskusi.

Sebelumnya, lanjut Rina, jasa konstruksi adalah layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan layanan konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi yang mempekerjakan pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu.

“Sehingga pemberi kerja atau perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya dalam JKK dan JKM. Proyek yang biasa dikerjakan adalah proyek-proyek APBD, proyek-proyek atas Dana Internasional, proyek-proyek APBN, proyek-proyek swasta, dan proyek lainnya,” ujarnya.

Sementara Kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Faridah Hanum menambahkan tentang mekanisme pendaftaran. Dimana, perusahaan dalam mendaftarkan pekerjanya dalam jasa konstruksi adalah Pemborong bangunan (kontraktor) dengan mengisi  Formulir pendaftaran kepesertaan Jasa Konstruksi yang bisa diambil di kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat, sekurang – kurangnya 1 minggu sebelum memulai pekerjaan.

“Selanjutnya formulir tersebut harus dilampiri dengan Surat Perintah Kerja (SPK) atau Surat Perjanjian Pemborong (SPP),” kata Hanum.

Sedangkan Januari 2017 hingga sekarang, jumlah kepesertaan perusahaan yang terdaftar dalam jasa konstruksi di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo sebanyak 229 proyek. (hari)

Be the first to comment

Leave a Reply