Bom  Bintara Jaya Salah Satu Senjata Pemusnah Massal

ol-ilustrasi-bom-bidikJAKARTA | BIDIK.CO.ID– Bom ‘panci’ yang berhasil dideteksi tim Gegana 88 di Bekasi Jawa Barat, Sabtu (10/12/2016) merupakan salah satu senjata pemusnah massal.

Jika bom itu meledak, daya luncurnya hingga 4.000 Km/jam. Daya ledaknya mampu membuat semua yang berada dalam radius 300 meter akan luluh lantak.

Bom tersebut ditemukan di rumah kos-kosan Jalan Bintara Jaya VIII, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Kabarnya, bom itu akan diledakkan di Istana Negara, dengan target sasaran Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Bom seberat 3 kilogram itu merupakan bom jenis Triacetone Triperoxide Peroxyacetone (TATP) yang dikemas dalam sebuah panci.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam jumpa persnya di lokasi penemuan bom, Sabtu (10/12/2016).

“Bom sudah berhasil diurai dan diledakan oleh tim Jihandak Densus 88. Bom dirakit ditempat lain, dan dibawa ke Bekasi dalam kondisi sudah siap ledak, rencananya akan diledakan esok hari, Minggu (11/12/2016). Dan daya ledak bom ini melebihi TNT,” ujar Argo.

Dikutip dari bebereap artikel, disebutkan bom jenis TATP merupakan salah satu bahan pembuat bom yang memiliki daya ledak tinggi.

Kemampuannya disebut-sebut lebih kuat dibandingkan TNT yang lebih popular. TATP salah satu bom yang mematikan. Namun, bahan-bahannya mudah dicari.

Salah satu keistimewaan jenis bahan bom ini adalah kemampuannya yang sulit dideteksi oleh detektor maupun anjing pelacak. (wan)

Be the first to comment

Leave a Reply