Buronan penipuan BG kosong ditangkap di Halaman Polrestabes

ol-dpo-kejari-perakSURABAYA | BIDIK.CO.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak berhasil menangkap Khalidah Achmad, 41, Warga Jalan Sisingamanggaraja 12, surabaya. Khalidah merupakan buronan kasus penipuan dengan modus memberikan Billyet Giro (BG) kosong dengan total kerugian mencapai Rp 220 juta.

Khalidah ditangkap sekitar pukul 12.00 WIB, dimana saat itu kejaksaan Tanjung Perak mendapatkan informasi adanya keberadaan buronan penipuan berada di Polrestabes Surabaya yang sedang diperiksa dalam kasus lain. Saat itu juga Kejari Tanjung Perak berkerja sama dengan Satreskrim Polrestabes Surabaya melakukan kordinasi untuk menangkap buronan.

Tak butuh waktu lama, Jaksa Cakra Yudha, dan Farkhan Junaedi langsung menangkap buronan tersebut saat keluar dari kantor Satreskrim Polrestabes Surabaya. Saat itu juga buronan langsung dijebloskan ke Rutan Kelas 1 Medeang Surabaya untuk menjalani hukuman yang sudah ditetapkan Mahkamah Agung (MA).

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Tanjung Perak, Anggara Suryanagara membenarkan informasi penangkapan buronan tersebut.

Ini dilakukan setelah Kejari Tanjung Perak Surabaya menerima salinan putusan Kasasi yang diajukan terpidana. “Dimana dalam putusan hakim MA, terpidana ini harus menjalani hukuman selama 1,5 tahun,” kata Anggara, Jumat (18/11).

Anggara mengatakan saat penangkapan terpidana tidak melakukan perlawanan. “Saat itu juga kami langsung membawa terpidana ke Medaeng,” bebernya.

Kasus ini terjadi Selasa, 26 Januari 2010 sekitar pukul 15.00 WIB dimana terpidana Khalidah meminjam uang sebesar Rp 220 juta kepada Abu Bakar B Salim Almuchidar, warga Jalan Sultan Iskandar Muda. Dalam peminjaman itu terpidana meberikan jaminan satu lembar Billyet Giro dari Bank BRI sebesar Rp 220 juta.

Namun saat sudah jatuh tempo pembayaran ternyata oleh korban Billyet Giro itu dicairkan. Akan tetapi Billyet Giro itu tidak dapat dicairkan lantaran dana tidak mencukupi dalam tabungan terpidana.

Saat itu juga korban meminta uangnya kembali. Sehingga terpidana berjanji akan memberikan uang tunai kepada korban.

Akan tetapi hingga waktu yang ditentukan uang tersebut tak kunjung diberipak pelaku ke korban. Yang membuat korban lapor ke Polrestabes Surabaya, dan terpidana ditangkap. (eno)

Foto: Tampak terpidana Khalidah menjalani administrasi penahanan paska ditangkap petugas Kejari Tanjung Perak Surabaya. Henoch kurniawan

Be the first to comment

Leave a Reply