Dengan ‘Suket Online’, Pelayanan e-KTP Lebih Efisien Waktu dan Terjangkau

BANYUWANGI|BIDIK, Guna meningkatkan pelayanan KTP-el atau e-KTP kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi membuat program Surat Keterangan (Suket) online.

Program Suket Online ini ditujukan khusus untuk pelayanan e-KTP yang prosesnya melalui Kecamatan.

Kepala Dispendukcapil  Banyuwangi, Djafri Yusuf mengungkapkan Suket online adalah sebuah aplikasi pengajuan surat keterangan e-KTP secara online melalui Kecamatan. Semua proses mulai verifikasi, pencetakan dan legalisasi dilaksanakan di Dinas, sedangkaan Kecamatan hanya menerima pelayanannya saja dengan tujuan lebih mendekatkan pelayanan dengan proses yang lebih cepat.

“Intinya, pelayanan e-KTP jadi lebih efisien waktu dan terjangkau, masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke kantor Dispenduk, karena nanti kalau sudah selesai akan diantar ke alamat yang bersangkutan,” tutur Djafri.

Ditambahkannya, semua permohonan diajukan mulai jam 07.00-12.00 akan diselesaikan hari itu juga, dan proses pengirimannya akan dilaksanakan keesokan harinya. Sedangkan pemohon yang mengajukan diatas jam 12 siang akan diselesaikan keesokan harinya, dan pengiriman dilaksanakan lusa melalui PT. POS Indonesia.

“Semua proses tersistem, didukung sms gateway sebagai informasi setiap ada permohonan, penyelesaian, pendingan, maupun pengiriman, akan diinformasikan kepada pemohon, operator dan petugas Dinas,” jelasnya.

Kedepan, lanjut Djafri, sistem ini akan dikembangkan untuk semua pelayanan kependudukan maupun pencatatan sipil sampai tingkat Kelurahan/Desa.

“Kami harap, sistem ini dapat mengurangi jarak dan waktu penyelesaian, tetapi tetap mengutamakan kevalidan data,” pungkasnya.(nng)

Be the first to comment

Leave a Reply