Dispendukcapil Banyuwangi Berharap Masyarakat Aktif Lakukan Perekaman e- KTP.

Dispendukcapil Banyuwangi Berharap Masyarakat Aktif Lakukan Perekaman (Saiful Salam)

BANYUWANGI|BIDIK, Memasuki tahun 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi berharap kepada seluruh masyarakat Banyuwangi agar aktif melakukan perekaman e-KTP atau KTP el.

Hal itu sesuai himbauan Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui program yang dicanangkan yaitu Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan.

Ungkapan itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi, Djafry Jusuf melalui Sekretaris, Saiful Salam saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (05/01).

“Tahun 2018 merupakan tahun politik, karena ada pesta demokrasi Pilkada. Untuk itu jangan sampai ada warga yang sudah berusia 17 tahun mempunyai hak pilih, tidak dapat menggunakan hak pilihnya karena belum melakukan perekaman,” ujar Saiful.

Jika itu terjadi, lanjut Saiful, nanti akan menjadi konsumsi politik bagi Dispenduk. Karena itu pihaknya mengharapkan kesadaraan masyarakat untuk aktif mendatangi kantor Kecamatan atau Dispendukcapil untuk melakukkan perekaman.

“Bagi warga masyarakat yang berhalangan karena sakit dan tidak mampu berjalan, kami akan siapkan kendaraan untuk menjemputnya,” imbuh Saiful.

Ditambahkannya, guna mensukseskan program tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan Camat, Lurah atau Kepala Desa, dan Sekolah.

“Untuk anak sekolah, khususnya kelas XI SMA/SMK/MA yang masih belum genap berusia 17 tahun, nantiya akan kita rekam dahulu, sambil menunggu usianya mencukupi baru kita lakukan pencetakan e-KTP. Karena dalam aturan untuk perekaman tidak ada batas umur, tetapi untuk pencetakan e-KTP harus berusia 17 tahun,” pungkasnya.(nng)

Be the first to comment

Leave a Reply