Ekonomi Jatim Tumbuh 5,16 Persen

SURABAYA | BIDIK – Pencapaian perekonomian di Jatim pada triwulan III-2017 mengalami pertumbuhan 5,16 persen. Data ini dilontarkan Kabid Neraca Wilayah Analisis Statistik BPS Jatim, Khaerul Agus, Senin (6/11/2017).

Menurut Khaerul, pada pertumbuhan kuartal III ini terdapat 3 sektor yang turut menyumbang, yakni sektor pengadaan gas dan listrik 8,97 persen, sektor konstruksi 7,62 persen dan transportasi dan pergudangan 7,56 persen.

“Sedangkan ada beberapa sektor unggulan yang alami kenaikan tipis. Yakni, perdagangan 7 persen, lalu real estate 3,17 persen, dan jasa keuangan dan asuransi 1,93 persen,” lanjutnya.

Selama ini ekonomi Jatim masih ditopang oleh industri pengolahan, karena di dalamnya berisi seperti industri tembakau, makanan olahan, minuman, karena selama ini sektor-sektor tersebutlah menjadi basis kegiatan perekonomian masyarakat Jatim.

“Hampir 1/3 ekonomi Jatim disumbang dari sektor industri pengolahan. Hal ini terbukti dari capaian Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim pada triwulan III-2017 lebih dari 520 triliun,” paparnya.

Ia menambahkan, struktur PDRB dan pertumbuhan ekonomi tertinggi menurut pengeluaran terdapat pada sektor ekspor. Di mana komposisinya adalah sebesar 14,70 persen pada wilayah ekspor, disusul pembentukan modal tetap bruto (PMTB) sebesar 6,02 persen, dan pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) 4,10 persen. (hari)

Be the first to comment

Leave a Reply