Kepala Bank Indonesia kota Malang, Dudi Herawadi.

Ekonomi Tumbuh Positif, Tahun Depan Diprediksi Stabil

MALANG | BIDIK – Pertumbuhan ekonomi kota Malang sepanjang tahun 2017 dinilai berjalan positif oleh Bank Indonesia. Pergerakan selalu berada di kisaran angka 5,1 sampai 5,4 persen. Sehingga, tahun depan pertumbuhan di kota pendidikan ini optimis tak jauh berbeda dan akan tetap stabil.

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Malang, Dudi Herawadi menyampaikan, secara umum, pertumbuhan ekonomi di kota yang memiliki motto Tri Bina Cita ini memang sangat tinggi. Namun tidak dapat disamakan dengan pertumbuhan yang terjadi secara nasional.

“Secara umum Malang tidak bisa terlepas dari nasional, tapi bukan berarti dapat disamakan. Pertumbuhan nasional untuk mencapai 5,2 persen itu berat,” terangnya.

Sementara untuk pertumbuhan kredit, lanjutnya, memang masih berjalan melalui pertumbuhan dana pihak ketiga. Namun aset kredit masih di bawah 10 persen. Hal itu lah yang menurut Dudi memang masih akan menjadi pekerjaan rumah bagi perbankan di 2018.

Perbankan menurutnya harus mencari jalan lain untuk menumbuhkan sektor kredit. Paling penting adalah dalam meningkatkan kepercayaan. Terlebih Malang sendiri mewakili semua sektor, mulai dari pendidikan hingga perdagangan. Selain itu gelaran Pilkada 2018 menurut Dudi juga akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi daerah karena ada banyak kebutuhan konsumsi yang harus dipenuhi pada waktu pilkada.

“Paling penting saat ini adalah terkait dengan kepercayaan ya saya rasa, harus ada skema baru. Anggaran pemilu dan pilkada juga besar, jadi sepertinya akan lumayan berpengaruh,” paparnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, tantangan yang akan dialami di tahun depan tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2017. Salah satunya berkaitan dengan sistem kredit yang diprediksi masih akan susah. (bima)

Post Author: bidik

Leave a Reply