Gerak Jalan Panggres 2017, Peserta Bentangkan Merah Putih Sepanjang 178,45 Meter

Bupati Gresik melepas gerak jalan Balongpanggang - Gresik

GRESIK. BIDIK. Ada semarak Nasionalisme yang unik saat pelaksanaan Gerak jalan Balongpanggang Gresik (Panggres) yang berlangsung pada Sabtu, (9/12/2017).

Disana ada bentangan bendera merah putih  sepanjang 178,45 meter yang diarak peserta dari Balongpanggang hingga Gresik. Bendera tersebut dibawa oleh 48 peserta gerak jalan melibatkan 18 kelompok dari komunitas Oi. Menurut mereka panjang 178,45 diartikan sebagai 17 Agustus 1945 guna memupuk rasa nasionalisme para pemuda di Kabupaten Gresik.

Memang, sesuai tema yang diusung yaitu Kepahlawanan, maka seragam peserta juga kebanyakan berwarna merah dan putih.  Warna merah putih tampak dominan ketika di garis start.

Selepas Sholat Dhuhur, Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim dan Forkopimda Gresik melepas peserta dari jalan di depan terminal Balongpanggang.

Ternyata pesona Gerak jalan Balongpanggang – Gresik (panggres) masih menjadi daya tarik masyarakat Gresik dan sekitarnya. Hal ini terbukti pada gerak jalan kali ini masih ada ribuan peserta yang ambil bagian mengikuti gerak jalan Napak Tilas Rute Pahlawan Balongpanggang- Gresik.

Menurut Panitia, Gerak Jalan Panggres ini dikuti oleh 5.775 orang/peserta. Mereka terbagi dalam 426 regu peserta umum, 32 regu peserta kelompok pelajar SLTA, 29 regu peserta kelompok pelajar SMP serta 418 peserta perorangan.

Mereka tak hanya berasal dari Gresik. Peserta dari luar Gresik juga banyak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Ada yang berasal dari Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, bahkan dari luar Provinsi Jawa Timur.

Bupati Gresik melepas gerak jalan Balongpanggang - Gresik
Bupati Gresik melepas gerak jalan Balongpanggang – Gresik

Semangat dan semarak juga ditunjukkan seluruh masyarakat yang hadir. Mereka tampak antusias menjadi supporter bagi peserta yang memenuhi jalanan depan terminal Balongpanggang.

Saat melepas peserta, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menyatakan bangga atas animo masyarakat pada pelaksanaan gerak jalan Tradisional Balongpanggang-Gresik kali ini.

“Saya berterimakasih atas sambutan masyarakat sekitar rute gerak jalan Balongpanggang Gresik ini. Saya melihat masyarakat menyambut semarak dengan memasang umbul-umbul. Aksi aksi masyarakat ini menambah kesemarakan acara gerak jalan ini” ujar Bupati yang didampingi Wakil Bupati Gresik, Dr. Mohammad Qosim, M.Si beserta anggota Forkopimda Gresik.

Dirinya berharap agar sepanjang melewati rute yang dilalui mulai dari garis star di wilayah kecamatan Balongpanggang, kecamatan Benjeng, kecamatan Cerme hingga finish di alun-alun kabupaten Gresik, para peserta tidak patah semangat.

“Tetap jaga kekompakan, jangan sampai terjadi hal-hal yang memicu terjadinya kericuhan selama mengikuti kegiatan ini,” pesan Sambari.

Menurut Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suyono, gerak jalan Balongpanggang – Gresik dengan jarak tempuh 35 km, merupakan Napak tilas route Perjuangan Pahlawan Gresik tempo dulu.

“Dengan Gerak jalan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat Kepahlawanan dan Memperkokoh persatuan dan kesatuan”, ungkapnya (ali).

Be the first to comment

Leave a Reply