H Hisan Daftar Cabup Sampang di Dukung Mayoritas Kades. (Rofik)

H Hisan Daftar Cabup Sampang Berbekal Dukungan Para Kades

SURABAYA|BIDIK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim, H Hisan, memutuskan untuk ikut bertarung pada kontestasi pilkada Sampang mendatang.

Dengan diantar oleh puluhan pendukungnya, politisi Partai Demokrat ini mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim, Jumat (9/9).

Hisan menjelaskan pada sambutannya, sebagai putra daerah, ia merasa terpanggil untuk mencalonkan bupati karena melihat kondisi Sampang saat ini.

Satu di antaranya adalah aspek kemiskinan di Sampang yang tertinggi di Jatim.

“Kabupaten Sampang mempunyai jumlah penduduk yang mencapai satu juta lebih jiwa. Sayangnya, potensi tersebut tak bisa dimanfaatkan dan mengakibatkan Sampang belum bisa lepas dari predikat daerah tertinggal,” ujar Hisan di hadapan pendukung dan pengurus partai.

“Berdasarkan data statistik yang dirilis pada Desember lalu, kemiskinan di Sampang mencapai 26 persen dari total jumlah penduduknya. Angka ini menjadi yang tertinggi di Jatim,” ujar pria yang juga Anggota DPRD Jatim ini.

Tingginya angka kemiskinan di kabupaten yang berada di pulau Madura ini, menurut Hisan, disebabkan lapangan kerja yang sempit.

“Akibatnya, banyak masyarakat di Sampang yang akhirnya memutuskan ke luar kota, pulau, dan bahkan negara,” lanjutnya.

Oleh karena itu, melalui pencalonan ini, ia ingin mengimplementasikan beberapa program pengentasan kemiskinan yang telah ia siapkan.

Di antaranya, dengan memperdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Sampang.

“Sampang memiliki potensi pengembangan tingkat UMKM di berbagai sektor. Di antaranya, UKM batik, pabrik genting, dan lain-lain. Tentu usaha ini nantinya akan dapat menyerap banyak lapangan kerja,” lanjutnya,

Tak hanya bermodalkan program, anggota DPRD dari dapil Madura ini juga menglaim didukung oleh mayoritas kepala desa.

Untuk diketahui, berdasarkan tradisi pilkada di Madura, kepala desa (klebun) merupakan satu di antara tiga faktor penentu kemenangan bakal calon.

Selain klebun, suara pemilih di Madura juga dipengaruhi oleh kiai dan tokoh masyarakat.

“Hari ini saya di antar oleh perwakilan dari klebun yang ada di 14 kecamatan di Sampang,” ujarnya.

Menurut penjelasan Hisan, sebanyak 70 klebun telah merekomendasikan dukungan pemenangan terhadap dirinya.

“Mereka juga merupakan kader pemenangan Demokrat di Sampang yang juga mengantar saya ke Indrapura (DPRD Jatim) dengan jumlah suara yang signifikan,” sebutnya.

Ketua Desk Pilkada DPD Demokrat Jatim, menyambut baik keseriusan Hisan dan pendukungnya tersebut.

“Karena SK pengurus belum turun, terpaksa pendaftaran dilakukan di DPD. Ternyata, antusias kandidat dan pendukungnya tak menurun, malah sangat besar. Kami apresiasi,” jelas Maskur di tempat yang sama.

Maskur menambahkan, untuk memutuskan rekomendasi calon yang diusung, pihaknya masih akan melalui beberapa tahapan.

“Kami akan merekomendasikan calon yang bisa membesarkan suara partai dan menjalan aspirasi partai demi kepentingan rakyat. Siap?”, tanya Maskur yang kemudian disambut teriakan siap oleh pengurus yang memadati acara yang berlangsung sore hari ini. (rofik)

Post Author: bidik

Leave a Reply