Ini Persiapan Pilkada Kota Batu

Proses pendistribusian logistik pemungutan suara - batu

KOTA BATU|BIDIK.CO.ID —Dukungan bantuan personil keamanan terus dioptimalkan oleh Polres Batu menjelang hari pencoblosan pilwali Batu yang nanti akan dihelat pada 15 Februari esok. Polres Batu akan menerjunkan 1.540 pasukan keamanan bawah kendali operasi (BKO) yang melibatkan bantuan Polda Jawa Timur, Polres se-Malang Raya, Polres Probolinggo, Pasuruan dan Kediri ditambah pula satuan brigade mobil (Satbrimob).

Selain unsur Polri, Polres Batu turut melibatkan TNI yang akan mengirimkan 470 pasukan dari Kodim 0818 Malang-Batu dan 250 personil linmas.

“Mulai hari ini (Senin, 13/2), sebagian besar BKO pasukan baik dari Polda dan Polres jajaran dan Satbrimob sudah mulai masuk ke wilayah Polres Batu,” kata Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata usai mengikuti prosesi doa bersama menjelang pelaksanaan pemungutan suara di Mapolres Batu (13/2).

Leonardus menambahkan Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin  memberikan support kepada Polres Batu dalam menjalankan kegiatan pengamanan dalam proses pelaksanaan Pilwali Batu.

Pada Selasa besok (14/2) Polres Batu akan menggelar apel pergeseran pasukan di Alun-alun Kota Batu sebelum diterjunkan ke tiap-tiap TPS yang ada di Kota Batu. Ada sebanyak 420 TPS yang tersebar di Kota Batu. Setiap TPS akan dikawal oleh satu personil Polri dan dua linmas.

Untuk pendistribusian logistik Pilwali, pihaknya akan mengawal pendistribusian mulai dari KPU hingga sampai ke masing-masing kecamatan.

“Usai apel pasukan langsung menuju KPU, kami mengamankan dukungan logistik hingga di PPK. Dikirim ke TPS saat hari H pencoblosan pukul 05.00 WIB,” ungkap dia.

Leonardus menuturkan alur pendistribusian logistik semacam itu telah disepakati antara pihak kepolisian dan KPU Batu agar keamanan logistik Pilwali terjamin dan lebih mudah pantauannya dibandingkan berada di TPS. “Logistik pemungutan suara tidak menginap di TPS,” timpal dia.

Dengan tegas ia menekankan kepada anggotanya  agar tetap siaga selama mengawal jalannya pelaksanaan Pilwali nanti. Hal tersebut ditekankan agar praktik money politic atau serangan fajar maupun masuknya para petaruh menjelang pemungutan suara dapat ditangkal. Secara tegas perwira menegah polisi itu akan menindak tegas bagi para pelaku money politic dan petaruh.

“Kami tidak ingin mencederai pesta demokrasi ini dengan hal-hal diluar ketentuan. Dua jam sekali anggota kami melakukan patroli skala besar sampai subuh dengan menyalahkan sirine dan rotator,” pungkas Leonardus. (did)

Foto: Proses pendistribusian logistik pemungutan suara akan terus dikawal oleh Polres Batu hingga ke tingkat kecamatan untuk selanjutnya akan disebarkan ke masing-masing TPS pada saat pemungutan suara pada 15 Februari lusa. (didid)

Be the first to comment

Leave a Reply