Jangkauan Layanan XL Meningkat 6 Kali Lipat

JAKARTA | BIDIK.CO.ID – PT XL Axiata Tbk (XL) terus melakukan perluasan layanan 3G secara signifikan setelah menggunakan frekuensi 900 MHz. Sejak dilakukan implementasi awal Oktober 2016 lalu, layanan 3G berkecepatan tinggi milik XL telah menjangkau sekitar 350 kota dan kabupaten di berbagai wilayah di Tanah Air, dari sebelumnya sekitar 40 kota. Jangkauan layanan meningkat hingga 6 kali lipat.

Upaya XL memperluas layanan 3G secara cepat ini selaras dengan harapan pemerintah untuk bisa segera memenuhi target penyediaan infrastruktur pita lebar yang ada di dalam Indonesia Broadband Plan (IBP).

yessie-1Direktur/Chief Service Management OfficerXL, Yessie D. Yosetya mengatakan, perluasan jangkauan wilayah layanan 3G ini merupakan upaya XL untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dan masyarakat. Dengan adanya layanan 3G berkecepatan tinggi, berarti akses ke internet dan layanan data menjadi lebih lancar. “Kini pelanggan XL di pelosok-pelosok daerah pun bisa lancar mengakses internet.” ungkapnya, Senin (28/11/2016).

Yessie menambahkan, perluasan layanan 3G berkecepatan tinggi ini akan terus dilakukan. Akan menyusul selanjutnya sekitar 150 kota-kota dan kabupaten lainnya hingga akhir tahun ini. Upaya perluasan layanan 3G ini juga seiring dengan implementasi layanan 4G yang juga juga terus meluas.

Dengan perluasan layanan 3G, berarti akan semakin banyak pula pelanggan XL kini beralih dari layanan 2G ke layanan 3G. Berarti pula, mereka akan semakin siap untuk selanjutnya meningkat ke layanan 4G di masa mendatang. Apalagi, penetrasi layanan 4G juga cukup massif hingga ke kota-kota kecil.

Pada tahap awal, layanan 3G berkecepatan tinggi ini didukung lebih dari 11.000 BTS 3G baru yang telah dibangun dan akan terus bertambah ke depannya.

Sebagai gambaran, perluasan layanan 3G XL di wilayah luar Jawa, di Sumatera kini layanan ini menjangkau wilayah cukup pelosok, antara lain di pesisir Barat Aceh, mulai Aceh Barat, Aceh Barat Daya, hingga Aceh Selatan dan Singkil. Lalu juga Aceh Tenggara, Bener Meriah, dan Aceh Tengah. Di wilayah Sumut mencakup Sibolga, Mandailing Natal, Toba Samosir, juga Tapanuli Selatan. Layanan 3G juga bisa dimanfaatkan masyarakat dan pelanggan di Sumatera Barat, antara lain di Agam, Tanah Datar, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Pasaman, dan Lima Puluh Kota.

Di Riau dan Kepulauan Riau mencakup kota pelosok antara lain Siak, Kampar, Rokan, Bengkalis, Pelalawan, dan Indragiri. Lalu di Rejang Lebong, Bengkulu. Di Jambi mencakup antara lain Bungo, Muaro Jambi, Batanghari, Tebo dan Merangin. Di Sumsel ada di Ogan Komering Ulu, Prabumulih, Lubuk Linggau, Banyu Asin, empat Lawang, serta Musi Rawas. Di Lampung antara lain hingga di pelosok Lampung Utara, Lampung Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, Pringsewu, dan Tanggamus.

Sementara di Kalimantan Barat ada di Sambas, Bengkayang, Kubu Raya, Landak, Sanggau, dan Lintang. Kemudian di Kalimantan Selatan antara lain Kapuas, Katingan, Seruyan. Di Kalimantan Utara, termasuk di Bulungan, Tarakan, Nunukan yang berbetasan dengan Sabah Malaysia. Di Sulawesi, layanann 3G XL meluas di kota-kota pelosok seperti Polewali Mandar, Luwuk, Maros, Goa, Kepulauan Angkajene, Jeneponto, Pare-pare, Enrekang, Wajo, Bulukumba, Palopo, Sinjai, Kolaka, Kowane, Buton, Bolaang Mangundow, serta Kota Mubagu.

Di Jawa sendiri, layanan ini telah menjangkau Subang, Ciamis, Cianjur, Garut, Tasik, Bantul, Sleman, Klaten, Gunung Kidul, Kulon Progo, Cilacap, Kebumen, Purwodadi, Purwokerto, Pekalongan, Salatiga, Tegal, Wonogiri, Banyuwangi, Blitas, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Batu, Malang, Madiun, Lumajang, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Madura, Probolinggo, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, hingga ke Bali dan Lombok.

Dari total keseluruhan pelanggan XL saat ini, lebih  40% yang masih menggunakan jaringan 2G. Sementara itu secara industri, sebanyak 60-70% pelanggan masih menggunakan 2G. XL terus mendorong pelanggan agar beralih ke layanan 3G atau 4G yang memiliki kemampuan akses internet dan data yang lebih baik. (haria)

FOTO : Direktur/Chief Service Management OfficerXL, Yessie D. Yosetya

Be the first to comment

Leave a Reply