Jaring Peserta Muda Dengan Turnamen Futsal

(BPJS KETENAGAKERJAAN SURABAYA DARMO CUP FUTSAL OPEN TURNAMEN 2017)

Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, FY Agustina Burhan (3 kiri) dan Brigitta Ratih (tengah). (Foto : hari)

SURABAYA | BIDIK – Inovasi yang dilakukan oleh tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo patut diacungi dua jempol. Dengan rata – rata personil yang masih muda dan selalu cekatan dalam menangkap peluang menjaring peserta baru, khususnya peserta muda dikalangan pelajar dan sekolah.

Yaitu dengan menggelar turnamen futsal berlabel “BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo Cup Futsal Open Turnament 2017”. Futsal antar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Surabaya ini berlangsung di Lapangan Futsal Mangga Dua, Jagir Wonokromo, Surabaya, Sabtu (12/8/2017).

Sebanyak 8 tim ikut dalam kegiatan yang dibuka Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim Dodit Isdiono. Antara lain SMK Kartika 2, SMK Bahrul Ulum, SMK Gema 45, SMK Antartika, SMK PGRI 3, SMK PGRI 14, SMK Khatolik St.Louis, dan SMK Sejahtera.

Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, FY Agustina Burhan mengatakan, selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72, turnamen ini untuk mengedukasi para pelajar tentang program BPJS Ketenagakerjaan. “Mungkin baru cabang Surabaya Darmo saja yang menggelar turnamen futsal dikalangan pelajar seperti ini,” ungkap Rina, sapaan akrabnya.

Selain itu lanjut Rina, tujuannya untuk mengakuisisi kepesertaan baru dan perluasan kepesertaan Bukan Penerima Upah (BPU) bagi para siswa SMK ini saat magang kerja.

“Selama mereka magang kerja, bisa mendapat manfaat program BPJS Ketenagakerjaan berupa perlindungan sosial Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), yang iurannya sama dengan peserta BPU umumnya, cuma Rp16.800 per bulan,” tuturnya.

Ditambahkannya, potensi kepesertaan baru dari siswa SMK dalam kegiatan futsal ini sebanyak 1.600 peserta, dengan asumsi masing-masing sekolah 200 peserta.

Dengan rata - rata personil yang masih muda dan selalu cekatan dalam menangkap peluang menjaring peserta baru. Tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo siap mengejar bahkan melampaui target kepesertaan baru akhir 2017. (Foto : Ist)
Dengan rata – rata personil yang masih muda dan selalu cekatan dalam menangkap peluang menjaring peserta baru. Tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo siap mengejar bahkan melampaui target kepesertaan baru akhir 2017. (Foto : Ist)

“Hingga saat ini jumlah peserta aktif BPU di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo sebanyak 10.862 orang dan penambahan tenaga kerja hingga Agustus 2017 sebanyak 5.869 orang,” ucapnya.

Dijelaskan Rina, masih banyak sekolah yang belum mengikutsertakan siswanya magang kerja ke BPJS Ketenagakerjaan. “Padahal para siswa magang memiliki risiko kecelakaan cukup tinggi, baik saat berangkat, pulang maupun di tempat magang,” tandasnya.

Seperti yang dialami Brigitta Ratih misalnya,
siswi SMK Khatolik St.Louis ini pada 5 Juni 2017 lalu ditabrak motor saat berangkat magang di sebuah toko elektronik di Komplek Pertokoan Mangga Dua, Jagir Wonokromo. Akibatnya, tulang paha kiri siswi kelas XII ini retak dan harus menjalani operasi pasang pen.

“Beruntung sekali, saat mulai magang, saya sudah didaftarkan sekolah ikut BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga saat saya mengalami kecelakaan kemarin, seluruh biaya ditanggung pihak BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Brigitta yang sengaja hadir di Lapangan Futsal Mangga Dua untuk mensuport teman-teman sekolahnya yang ikut bertanding.

Dengan mendengar langsung testimoni Brigitta Ratih, melalui ajang futsal ini, Rina berharap siswa dan guru SMK paham serta sadar akan pentingnya program jaminan sosial ketenagakerjaan. “Ini untuk mengcover biaya yang dibutuhkan di saat terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Sementara turnamen futsal sehari itu berhasil dijuarai tim SMK Sejahtera. Setelah di final mengalahkan SMK Bahrul Ulum dengan skor telak 9-1. Juara 3 SMK Antartika, setelah mengalahkan SMK Kartika 2 dengan 4-3. Juara 1, 2 dan 3 masing-masing mendapat uang pembinaan Rp 1 juta, Rp 750 ribu dan Rp 500 ribu, plus thropy.

Juga diberikan penghargaan individu pencetak gol terbanyak kepada Muhammad Rofi’i dari SMK Bahrul Ulum dengan 10 gol dan suporter terbaik dari SMK Sejahtera. (hari)

Be the first to comment

Leave a Reply