Ketua KPK Apresiasi Si Gesit-e Kejari Perak di Hari Anti Korupsi Internasional 2016

kejari-perak-hari-anti-korupsi-kpkSURABAYA | BIDIK.CO.ID – Perayaan hari anti korupsi Internasional tahun ini yang diselenggarakan di Pekanbaru Riau, disemarakan dengan pameran produk inovasi dari seluruh kementrian dan lembaga serta instansi pemerintah, BUMD, BUMN seluruh Indonesia.

Termasuk Kejaksaan Agung (Kejagung) RI pun turut ambil bagian dalam perayaan yang digelar Pemerintah Provinsi setempat dengan bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut. Event ini digelar selama tiga hari berturut-turut, sejak Kamis hingga Sabtu, (8-10/12/2016).

Selain memaparkan capaian kinerja tahun 2016, dalam perayaan yang rencananya juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo ini, Kejagung RI telah mempercayakan Kejari Tanjung Perak Surabaya dan Kejari Sleman untuk memamerkan produk unggulan inovasi anti punglinya.

Gesit-e, produk unggulan yang dipamerkan korps Adhyaksa berupa gerakan sistem tilang elektronik ciptaan Kejari Tanjung Perak menjadi stand favorit pengunjung acara.

Termasuk salah satunya ketua KPK Agus Rahardjo. Pria kelahiran Magetan pada tahun 1956 ini, memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dipamerkan Kejari Tanjung Perak. Saking tertariknya dengan ‘Si Gesite’ membuat ketua KPK berlama-lama ‘parkir’ di stand milik Kejaksaan ini. Banyak hal yang ia tanyakan tentang mekanisme sistem inovasi kepada petugas kejaksaan yang bertugas menjaga stand pameran.

Hal ini dibenarkan Kepala Kejari Perak Mohammad Rawi. Saat dikonfirmasi, M Rawi menyatakan, pihaknya bersyukur bisa turut berpartisipasi dalam event bertaraf internasional ini.

Menurut Rawi, Gesit-e merupakan gerakan sistem tilang elektronik, yang mana dalam sistem ini bisa memangkas keberadaan pungli ataupun calo karena pegawai kejaksaan tidak menerima uang tunai melainkan menerapkan aplikasi CMS (Cash Manajemen Sistem).

“Semoga inovasi gesit-e dapat diterima masyarakat dan menjadi pilot projek dan diterapkan di lembaga penegak hukum, khususnya di Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia,” ujar Rawi melalui sambungan selulernya, Kamis (8/12/2016).

Tak hanya ketua KPK, stand kejaksaan juga mendapatkan apresiasi diantaranya dari pihak lain yaitu Kajati DIY, Gubernur Riau, Bupati Siak, serta instansi maupun masyarakat selaku pengunjung.

Sedangkan tema dari even anti korupsi Internasioanal tahun 2016 ini adalah bersih hati, tegak Integritas, kerja profesional untuk Indonesia tangguh.

Selain dihadiri Presiden Joko Widodo, even akbar ini, juga dihadiri Kepala Kejaksaan Agung (Kajagung) RI, HM Prasetyo. (eno)

FOTO: Ketua KPK Agus Rahardjo mengapresiasi stand milik Kejaksaan. Si Gesit-e inovasi ciptaan Kejari Tanjung Perak menjadi salah satu stand favorit pengunjung perayaan hari anti korupsi 2016. (ist)

Be the first to comment

Leave a Reply