Komisi III DPR RI ‘Geruduk’ Kejati Jatim

Tampak rombongan anggota komisi III DPR RI saat disambut Maruli Hutagalung, Kajati Jatim. (eno)

 

Tampak rombongan anggota komisi III DPR RI saat disambut Maruli Hutagalung, Kajati Jatim. (eno)
Tampak rombongan anggota komisi III DPR RI saat disambut Maruli Hutagalung, Kajati Jatim. (eno)

BIDIK.CO.ID – Rombongan anggota Komisi III DPR RI mendatangi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim guna untuk mempertanyakan penanganan kasus yang sedang ditangani Kejati Jatim. Selain itu juga banyaknya kasus yang ditangani oleh Kejati Jatim yang membuat anggota dewan dari Komisi III akan menambah anggaran untuk menangani kasus tersebut.

Salah satu anggota Dewan DPR RI, Ahmad Basara memberikan apresiasi yang baik dengan Kejati Jatim yang telah berusaha untuk menegakkan hukum seadil-adilnya. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus yang tengah ditangani Kejati Jatim dan Jajarannya. “Kami berharap Kejati Jatim tetap akan mengungkap banyak kasus, ini baik karena fungsi Kejati untuk menegakkan hukum di Jawa Timur berarti baik,” tutur pria yang juga anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), kemarin (31/3).

Basara mengatakan anggota dewan dari Komisi III DPR RI akan memberikan suport penuh dengan penanganan kasus yang telah dijalankan oleh Kejati Jatim. “Jadi kami juga akan memberikan suport dengan penambahan anggara untuk menangani kasus yang akan masuk pada anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” katanya.

Hal ini juga ditegaskan oleh Kepala Kejasaan Tinggi (Kajati) Jatim, E.S Marulli Hutagalung mengatakan jika kedatangan anggota dewan ke Kejati Jatim guna untuk mengisi waktu reses. Selain itu juga menanyakan adanya kasus yang telah ditangani di kejaksaan Negeri (Kejari) yang ada di wilayah Jatim. “Mereka hanya menanyakan perkembangan dan penanganan kasus-kasus tindak pidana umum maupun tindak pidana khusus yang sedang kami lakukan,” terangnya.

Marulli ini juga tidak menampik jika akan ada penambahan anggaran yang diperuntukkan untuk menangani kasus yang ada di Kejati Jatim dan Jajarannya. Saat disinggung berapa anggaran yang akan ditambahkan, Marulli enggan untuk menyebutkan. “Yang pasti lebih dari anggaran yang sebelumnya, jadi ini membuat kinerja kami dalam mengungkap kasus akan lebih banyak lagi,” katanya.

Saat disinggung kasus apa yang sedang di soroti anggota dewan DPR RI, Mantan Asisten Intel (Asintel) Kejati Jatim juga tak ingin mengungkapkan. Namun Maruli  hanya memberikan kode jika penanganan kasus besar yang telah itangani Kejati Jatim. “Yang pasti kasus Kadin Jatim yang memang kami tangani itu yang menjadi pembicaraan tadi didalam tadi,” ungkapnya.

Sebelumnya komisi III DPR RI terlebih dulu datang ke Polda Jatim, setelah itu sekitar pukul 13.00 sekitar 6 orang anggota dewan ini datang ke Kejati Jatim. Dengan disambut baik oleh Kajati Jatim, rombongan ini langsung menuju ke ruang rapat Kejati Jatim. Pertemuan yang berlangsung tertutup itu membahas beberapa kasus yang ditangani Kejati Jatim. (eno)

 

Be the first to comment

Leave a Reply