Koramil Kebomas Bantu Warga Sukorejo Berupa Jambanisasi

kades Sukirejo menerima WC secara simbolis dari TNI AD

GRESIK.  Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik yang berada di dekat Kali Lamong, dan dekat Selat Madura, selama ini dalam urusan urusan buang kotoran ya selalu ke kali alias pakai ” WC Helikopter”  dan sebagai wujud pembinaan, maka Koramil Kebomas membantu pembuatan dan pembangunan WC umum yang dekat kali.

Sebagaimana diketahui bersama, Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas adalah pindahan atau ” bedhol deso” dari Desa Pojok Pesisir, Kecamatan Gresik yang di buat perluasan pabrik pupuk di tahun 1985,   karena kebiasaan warga kala itu yangvterbiasa buangbkotoran langsung di pantai, maka kebiasaan itu agak susah di hilangkan bagi generasi tua, mereka masih lebih senang dan lebih suka membuang kotoran di sungai secara langsung dengan anggapan bisa untuk makanan ikan dan biota sungai,  hanya sebagian kecil terutama penduduk pendatang yang mempunyai WC di masing masing rumah.

Komandan Koramil Kebomas Kapten Sali menjelaskan bahwa TNI memberikan pembelajaran kepada madyarakat tentang kebiasaan hidup sehat,” Kami dari Koramil Kebomas memberikan pengertian tenting kebiasaan hidup sehat, dan bentuk nyata adalah kami membantu pembuatan WC umum di Desa Sukorejo,” jelasnya.

Sebagian masyarakat Desa Sukorejo merasa senang dengan pola hidup sehat, seperti yang diserukan lewat petugas dari Dinas Kesehatan, dan memang beberapa tahun lalu sudah di bangun WC umum yang tidak memadai denfan jumlah pemakai yang lumayan banyak.
Sementara bagi golongan yang merasa nyaman dengan buang kotoran secara langsung di sungai merasa lebih nyaman dengan BAB secara langsung disungai dan sekaligus sambil mancing ikan. ( ali)

Be the first to comment

Leave a Reply