Koramil Manyar Lakukan Wawasan Kebangsaan di SMAN Manyar

Komandan Koramil manyar, bersama kepala SMAN manyar

GRESIK | BIDIK –  Seusai upacara bendera, siswa siswi SMAN Manyar mendapatkan pengetahuan soal wawasan kebangsaan dari Koramil Manyar. Seluruh siswa siswi ikut menyimak dengan tekun, berlangsung di halaman sekolah SMA yang teduh karena rimbunnya pepohonan.

Komandan Koramil Manyar Kapten Sali yang memberikan paparan soal Pancasila sebagai pandangan hidup bagi Bangsa Indonesia,”  Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI) ini meliputi ribuan pulau, ribuan suku, ribuan bahasa daerah, ribuan kebudayaan masing masing daerah, namun semua itu bisa bersatu dalam wadah NKRI, hal semacam ini sebenarnya sudah jaman nenek moyang kita sudah diajarkan untuk saling menghormati perbedaan baik suku, budaya, agama, sehingga Nusantara adalah negara yang besar pengaruhnya dan penduduknya saling membantu”, jelasnya di hadapan siswa dan dewan guru.

Lebih lanjut di katakan,  semboyan Bhineka Tunggal Ika yang sudah tersurat dalam kitab ” Sutasoma” yang artinya berbeda beda namun tetap satu, itu adalah ajaran leluhur kita jauh sebelum Republik Indonesia diproklamasikan,  sehingga kini kalau kita ingin mencapai negara yang gemah Ripah loh jinawi ya harus menggali dan sekaligus meneruskan ajaran luhur yang sudah berada urat dan berakar didalam masyarakat seluruh bangsa Indonesia.

“Meskipun kita saat ini menggunakan barang atau teknologi dari negara lain, namun jangan meninggalkan sifat, sikap, dan budaya asli dari Bangsa Indonesia yg Adi luhung, saling membantu dan saling toleransi” , jelas Sali mengakhiri sambutannya.

Salah satu siswi SMAN Manyar nikmatilah Khoiriyah mengungkapkan pentingnya informasi dan pendidikan soal wawasan kebangsaan,” Menurut saya, paparan seperti ini sangat penting, pasalnya saat ini kebanyakan anak muda lebih suka dengan budaya barat dan budaya asli Indonesia sudah mulai luntur dan ditinggalkan”, jelasnya.(ALI)

Be the first to comment

Leave a Reply