Mat Mochtar Tolak Pemutaran Film G30S PKI

SURABAYA | BIDIK – Perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terkait pemutaran kembali film G30S PKI memdapat tanggapan pro dan kontra dimasyarakat. Berbagai argumentasi pro dan kontra muncul diberbagai media.

Mat Mochtar salah tokoh pergerakan diera reformasi termasuk yang menolak perintah Panglima TNI ,” Saya sangat menolak pemutaran film tersebut , ” ujar aktifis PDI Perjuangan asal Surabaya ini. Sebagai alasannya ‘ film yang dibuat diera Orde Baru ini tidak sesuai fakta sejarah yang sebenarnya , ” Film ini penuh dengan rekayasa demi kepentingan politik di era Orde Baru dan sebagai bentuk propaganda , ” tandas Ketua Gerakan Rakyat Surabaya.(GRS).

Masih kata Mat Mochtar , bahwa sejarah itu penting bagi suatu negara demi untuk membangun bangsanya ‘ dan jasa pahlawan pun harus selalu dikenang bagi generasi muda sebagai penerus bangsa , ” Sejarah itu penting bagi suatu negara untuk mencintai negarany a dan pahlawannya ,”  hanya sejarah itu tidak boleh direkayasa dan dipalsukan hanya untuk kepentingan rezim tertentu , ‘ tandasnya.

Seperti diketahui diera Orde Baru dimana presiden Soeharto berkuasa, pemutaran Film sejarah G30S PKI sudah kewajiban untuk ditayangkan TVRI setiap tanggal 30 September, bahkan hampir setiap siswa  sekolah-sekolah  diwajibkan untuk menonton. Dimasa berakhirbya  pemerintah Orde Baru. Film tersebut.terkesan dilupakan dan seperti dilarang untuk diputar kembali. Namun secara mengejutkan Panglima TNI Jenderal Gator Nurmantyo memerintagkan kembali pemutaran film tersebut dijajarannya melalui Nobar (Nonton Baren).(Imron)

Be the first to comment

Leave a Reply