Mengapa Pilkades Antar Waktu Desa Badean 2017 Tertunda..? Ini Alasannya

Kantor Desa Badean

BANYUWANGI|BIDIK– Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Badean, Kecamatan Blimbingsari hingga saat ini masih menunggu surat edaran Bupati Banyuwangi terkait pelaksanaan Pilkades Antar Waktu (PAW) Desa Badean tahun 2017.

“Kami belum membentuk struktur kepanitiaan, dan menentukan jadwal pelaksanaan PAW, karena masih menunggu surat edaran Bupati,” kata Luqman Hakim Ketua BPD Badean.

Hal itu dilakukannya agar dalam pelaksanaan PAW nanti, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena melihat situasi dan kondisi di Desa Badean, masyarakat ada yang pro dan kontra.

Luqman Hakim
Luqman Hakim 

Luqman mengungkapkan, sebelumnya memang telah terjadi kesepakatan antara Camat Blimbingsari, Bagian Tata Pemerintahan, BPD, dan perwakilan masyarakat, terkait pelaksanaan PAW Desa Badean, dalam pertemuan tertutup, Senin (20/03).

“Meski ada kesepakatan, kami tetap menunggu surat edaran Bupati,” tegasnya.

Dalam aturan, pelaksanaan Pilkades Badean mestinya ikut dalam Pilkades serentak tahun 2019, namun karena masa jabatan Pj. Kades Badean lebih dari satu tahun, maka harus dilaksanakan PAW.

Untuk regulasinya, lanjut Luqman, pihaknya akan melaksanakan PAW sesuai Peraturan Bupati Banyuwangi No. 1 tahun 2017 dan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi No. 9 Tahun 2015.

Untuk diketahui, pada tahun 2015, Kades Badean non aktif, Mohammad Ikhsan divonis 1,4 tahun penjara karena diduga telah melakukan pungli Program Nasional Agraria (Prona) Besaran pungutan beragam. Total uang yang terkumpul mencapai Rp 50 jutaan. Uang itu diduga digunakan untuk kebutuhan pribadi.(nng/arik)

Be the first to comment

Leave a Reply