Menhub Perhubungan Sidak Kapal ‘Tol Laut’ Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Mengecek Harga Barang Dan Memantau Kapal Tol Laut Berjalan Dengan Lancar

SURABAYA|BIDIK – Menteri Perhubungan (Menhub) sidak ke Pelabuhan Tanjung Perak,Surabaya,
Sabtu (21/10/2017). Untuk memantau dan memastikan kapal tol laut berjalan dengan lancar.

Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi mengatakan, kami akan memantau harga barang yang dikirim ke pulau terpencil. Upaya tersebut dilakukan agar mengetahui apakah bisa memberikan harga yang baik. Meskipun ia mengakui saat ini disparitas harga di daerah terpencil dengan adanya Tol Laut sudah turun 20 sampai 25 persen.

“Tidak boleh terjadi monopoli dan menguntungkan pengusaha secara berlebihan dalam pelaksanaan program tol laut ini agar hasilnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” Katanya

Di depan para operator kapal tol laut, pengusaha pengiriman muatan (shipper), PT. Pelindo III dan juga Direktur Sarana Distribusi & Logistik Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Menhub Budi mengajak semua pihak untuk mensukseskan program Tol Laut.

“Jika masih ada kelemahan mari kita perbaiki dengan memperbaikinya agar hasil dan tujuan dari penyelenggaraan Tol Laut ini dapat tercapai dan tepat sasaran,” sambungnya.

Untuk itu, Budi Karya memastikan akan memantau Tol Laut lebih intensif lagi dengan memeriksa setiap kapal dan barang yang dibawa. Begitu juga dengan mekanisme yang digunakannya. Lalu mengenai rute, Budi Karya masih akan mengevaluasi terlebih dahulu kondisi yang ada saat ini.

Setelah memantau pelabuhan tersebut, Budi Karya menilai dari segi teknik, kapal swasta dari peti kemas juga cukup baik. Sebab, saat ini sudah banyak kapal swasta yang menggunakan crane di atas kapal untuk pengangkutan barang.riz

Be the first to comment

Leave a Reply