Pelayanan ‘One Day Service’ Dispendukcapil Puaskan Masyarakat

[22:55, 11/8/2017] Nanang Bwi Bidik: Pelayanan One Day Service Dispendukcapil di Mall pelayanan publik Banyuwangi [23:02, 11/8/2017] Nanang Bwi Bidik:

BANYUWANGI|BIDIK, Keberadaan Mall Pelayanan Publik di Banyuwangi tampak sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Terutama pelayanan ‘one day service’  yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi.

Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat saat mengurus administrasi kependudukan seperti e-KTP, KK, akta kelahiran, surat pindah dan lainnya.

Amin, warga Desa Kebaman Kecamatan Srono  mengaku senang dengan adanya Mall pelayanan Publik. Dia datang ke Mall pelayanan publik untuk mengurus Kartu Keluarga (KK).

“Saya sangat puas mas, disini pelayanannya sangat baik, tempatnya nyaman, dan juga cepat selesai. Saya tadi menyerahkan berkas kemudian menunggu nggak sampai setengah jam KK langsung jadi,” ungkap Amin.

Begitu juga, Indah warga Desa Jelun Kecamatan Licin, yang datang ke Mall pelayanan publik didampingi suaminya, merasa senang dengan pelayanan one day service Dispendukcapil, karena keperluannya mengurus KTP-el bisa selesai dihari itu juga.

“Seneng mas, pelayanannya ramah, nyaman dan bisa ditunggu,” ungkap Indah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi, melalui Kepala Bidang Pendaftaran Administrasi Kependudukan, Ninik Endah Prasetyowati mengatakan ‘one day service’ merupakan sebuah program pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi, dimana pelayanan itu diproses dan selesai hanya dalam waktu satu hari.

“Orang mengurus berkas apapun di Dispenduk, akan diselesaikan pada hari itu juga, dengan syarat berkasnya sudah lengkap,” ucap Ninik.

Kalaupun nanti ada kekurangan berkas, imbuh Ninik, petugas akan memberitahukan apa saja kekurangan berkas itu kepada pemohon, agar sedianya dilengkapi terlebih dahulu.

Ninik juga mengungkapkan, sejak adanya Mall pelayanan publik ini antusiasme masyarakat sangatlah tinggi, terbukti jumlah pemohon per harinya meningkat cukup siginifikan dibandingkan dengan pelayanan sebelum adanya Mall pelayanan publik.

“Sekarang per harinya untuk e-KTP mencapai 463 pemohon, Kartu keluarga (KK) 130 pemohon, dan surat pindah 50 pemohon,” jelasnya.

Ninik berharap, masyarakat semakin sadar akan pentingnya dokumen administrasi kependudukan, karena dokumen administrasi kependudukan itu merupakan dokumen dasar sebagai acuan untuk menerbitkan dokuman lainnya.(nng)

Be the first to comment

Leave a Reply