Pungli Prona Dukuh Setro Terus Didalami

Penyidik Periksa Lagi Tersangka

pungli prona dukuh setroSURABAYA, BIDIK.CO.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya terus mengusut kasus pungutan liar untuk kepengurusan proyek operasi Nasional Agraria (Prona) yang menyerat mantan Lurah Dukuh Setro, Joko Soetrisno untuk melengkapi berkas. Sehingga penyidik kejaksaan kembali memeriksa tersangka, Joko terkait adanya pungli yang menjerat dirinya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Surabaya, Didik Farkhan Alisyahdi mengatakan jika penyidik kembali memanggil Joko dari dalam Rutan kelas 1 Surabaya yang ada di Medaeng, Sidoarjo untuk dilakukan pemeriksaan. Sehingga dengan adanya pemeriksaan ini, penyidik masih melakukan pengembangan. “Kami masih memeriksa lagi tersangka,” kata Didik, Jumat (6/5).

Namun saat disinggung adanya penambahan tersangka baru, Didik masih belum dapat memastikan adanya penambahan tersangka. “Belum ada penambahan tersangka baru, yang pasti kami masih melakukan pendalaman lagi kasus ini,” ucap Pria asal Bojonegoro ini.

Kasus ini bermula dimana pada saat itu  Joko yang menjabat sebagai Lurah Dukuh Setro telah melakukan Pungli kepada warga Keluarahan Dukuh Setro yang akan mengajukan prona dengan memperoleh sebesar Rp 885 Juta. Sebenarnya pengurusan Prona ini tidak dipungut biaya atau Gratis dan sudah ditanggung oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Joko telah melakukan Pungli ini sejak tahun 2013 dan 2014 lalu. Sehingga dengan perbuatan yang dilakukan oleh Joko ini membuat Pidsus Kejari Surabaya langsung turun dana menyelidiki kasus ini setelah adanya keluhan dari warga setempat pada 2015. Sekitar 900 warga mengajukan sertifikasi tanah dalam program prona di Kelurahan Dukuh Setro.(eno)

Be the first to comment

Leave a Reply