Risma Bersih Bersih Trotoar

Samsul Hariyadi Kabid Pematusan DBMP

SURABAYA | BIDIK – Guna menormalisasi seluruh saluran air di tiap sudut kota Surabaya, pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DBMP) melakukan bersih-bersih bangunan liar yang berada diatas saluran.

Salah satunya lapak PKL kayu bekas yang ada di jalan Dupak sebelah utara Dupak Grosir Surabaya, notabene bertahun-tahun di gunakan untuk jual bekas, sehingga menghambat saluran dan menyebabkan banjir.

Samsul Hariyadi Kabid Pematusan DBMP Pemkot Surabaya mengatakan, untuk ketmen area jalan Dupak, itu masuk dalam area ketmen pompa air Dupak. Untuk pompa airnya sudah ditambah kapasitasnya dan saluran air nya sudah dinormalisasi dan didalamkan.

” Disana sekitar jalan Dupak, jalan Semarang sekitarnya masih ada genangan air, ini karena salurannya masih terhambat disalurkan tepi jalan Dupak karena tertutup oleh kayu-kayu pedagang kayu. Itu memang kita sulit membersihkan saluran disana kecuali dengan manual langsung diangkut dengan tenaga manusia, itu kurang maksimal,” kata Samsul, ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (7/8).

Samsul menambahkan, sebenarnya sudah beberapa tahun lalu untuk minta bantuan relokasi PKL, kita minta bantuan Bantib ke teman-teman Pol PP agar bisa nambah kapasitas saluran ditepi jalan Dupak disisi utara.

” Ahkirnya, kemarin sudah terealisasi, para pedagang sudah tidak ada lagi, jadi sekarang kita sudah mulai normalisasi saluran tepi sisi utara jalan Dupak, kita tambahi lagi kapasitasnya supaya bisa menampung aliran air yang ada disekitarnya karena pompanya sudah dimaksimalkan dan ditambah otomatis suplai air ke pompa juga bertambah,” ucapnya.

Masih menurut Kabid Pematusan, dijalan Dupak itu sebelumnya kapasitas pompanya cuma satu setengah meter kubik per detik, sekarang sudah dinaikkan dua kali lipat jadi tiga meter kubik per detik. Itu untuk satu pompa disana ada tiga ata empat pompayang kapasitasnya seperti itu, “jelasnya.(topan)

Be the first to comment

Leave a Reply