RSUD Blambangan Gandeng Go-Jek Antar Obat ke Pasien

Bupati Anas (tengah) didampingi CEO Go-Jek (kiri) dan Direktur RSUD Blambangan (kanan) bersama para driver Go-Jek saat peresmian Shelter Pelayanan Pengiriman Obat Pasien dan Gancang Aron

BANYUWANGI|BIDIK — Pemkab Banyuwangi melalui RSUD Blambangan menggandeng Go-Jek mencanangkan program ‘Shelter pengiriman obat secara gratis’ dan program ‘Gancang Aron’.

Peresmian program tersebut secara langsung dihadiri oleh Bupati Banyuwangi, CEO Go-Jek, Direktur RSUD Blambangan, asisten dan sejumlah kepala satker dilingkungan Pemkab Banyuwangi, Jum’at (15/12) di RSUD Blambangan.

Direktur RSUD Blambangan Banyuwangi, dr. Taufik Hidayat mengungkapkan, pelayanan jasa pengiriman obat pasien merupakan bentuk kerjasama RSUD Blambangan  dengan Go-Jek.

“Sebelumnya kita sudah punya program gancang aron (lekas sembuh), tapi hanya ditujukan bagi pasien yang memerlukan perhatian khusus, misalnya, sakit TBC, jantung, ginjal, diabetes dan lainnya,” tutur dr. Taufik.

Dalam program gancang aron, lanjut dr. Taufik, pasien akan di kunjungi oleh petugas RSUD, untuk dicek kondisi pasien dan lingkungannya, serta diberikan edukasi.

Selain itu, pengiriman obatnya juga diantar oleh petugas RSUD, dengan jumlah armada yang terbatas yaitu hanya enam unit. Padahal, tiap harinya pasien terus bertambah jumlahnya.

“Karena itu kita perluas pelayanan dengan menggandeng Go-Jek untuk mengantar obat diluar pasien yang memerlukan perhatian khusus tersebut,” imbuhnya.

Pelayanan Go-Jek itu tanpa dipungut biaya alias gratis, bagi pasien rawat jalan dengan kategori miskin.

“Setelah pasien diperiksa, resepnya diserahkan ke apoteker, setelah itu pasien bisa langsung pulang tidak perlu menunggu obatnya, karena nanti obatnya akan diantar oleh Go-Jek,” kata dr. Taufik.

Ditambahkannya, driver Go-Jek yang bertugas mengantar obat pasien tersebut merupakan driver yang telah mengikuti pelatihan di RSUD Blambangan.

“Mereka bukan sembarang driver Go-Jek, karena telah dilatih dan profesional, sekarang ini ada 15 driver Go-Jek yang siap mengantarkan obat pasien,” terangnya.

Dengan adanya program ini, dr. Taufik berharap, bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, obat cepat sampai ke rumah pasien dan pasien bisa cepat sembuh.(nng)

Be the first to comment

Leave a Reply