‘Si Bunas O Lele’, Ajang Semangat Baru Bagi Olahan Dan Budidaya Ikan Lele

Hari Cahyo Purnomo bersama Suryono Bintang Samudra (Kabid Budidaya)

BANYUWANGI|BIDIK, Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi menggelar lomba cipta menu masakan lele, Kamis (16/11) di Balai Desa Sumberagung, Kecamatan Gambiran.

Lomba tersebut bertajuk ‘Si Bunas O  Lele’ yang berarti Nasi Bungkus Panas Olahan Lele. Diikuti 18 peserta dari tim penggerak PKK Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran dan lima Kecamatan lainnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi, Hari Cahyo Purnomo mengatakan, acara ini digelar hasil ide kreatif tim penggerak PKK Kabupaten bersama Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan).

Menurutnya, di kegiatan ini, ada beberapa agenda, diantaranya yaitu lomba cipta minum dengan tetap mengedepankan konsep nasi bungkus panas, dan Gemar Ikan yaitu makan ikan bersama yang dilakukan oleh siswa dan siswi dengan konsep mendidik.

“Kita gelar even ini, agar menimbulkan semangat baru bagi budidaya dan olahan, dengan dukungan tim penggerak PKK yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa, sehingga menjadi sangat antusias,” ucap Hari.

Kuliner Pelasan Lele
Kuliner Pelasan Lele

Sementara, Camat Gambiran, Danisworo menambahkan, sebenarnya peserta yang wajib mengikuti lomba tersebut yaitu tim penggerak PKK masing-masing Dusun di Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran. Yang lain merupakan peserta tidak wajib, terdiri dari tim PKK empat Kecamatan tetangga yaitu Kecamatan Genteng, Tegalsari, Cluring dan Bangorejo. Ditambah warung, depot dan Restoran se-Kecamatan Gambiran.

“Acara ini sebagai pancingan untuk menggairahkan para petani ikan lele dan masyarakat penggemar ikan lele, baik itu dari unsur PKK maupun dari warung. InsyaAllah kalau ini responnya baik, akan kita masukkan agenda Banyuwangi Festival,” tegas Danisworo.

Dipilihnya Kecamatan Gambiran sebagai tempat kegiatan ini, menurut Danisworo, karena para petani tambak ikan lele disini sangat berpotensi.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa berimbas kepada masyarakat luas, terutama terkait kesehatan dan penghasilan.

Dalam even yang pertama kali digelar ini, juara 1 diraih tim PKK dari Kecamatan Genteng.(nng)

Be the first to comment

Leave a Reply