XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan 2-3 kali lipat

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya saat paparan hasil uji jaringan untuk antisipasi kesiapan jaringan XL hadapi kenaikan trafik saat Ramadan dan Lebaran. (Foto : Ist)

BALI | BIDIK – PT XL Axiata Tk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadan dan Lebaran. Serangkaian uji jaringan telah dilakukan di berbagai daerah, terutama di area-area yang selama ini mengalami kenaikan trafik saat Ramadan dan libur panjang Lebaran.

Uji jaringan ini sebagai antisipasi dini guna memastikan kemampuan jaringan milik XL Axiata dalam menghadapi kemungkinan kenaikan trafik semua jenis layanan. Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata akan meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan, “Dengan penambahan kapasitas, kami optimis mampu mengatasi jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan. Secara khusus, kami juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan kami untuk mengalihkan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas,” ungkapnya, Selasa (16/5/2017).

Yessie menambahkan, kegiatan uji jaringan ini merupakan agenda rutin yang harus dilakukan setiap saat. Namun, khusus menjelang Ramadan dan Lebaran, setiap operator memang harus melakukannya lagi karena intensitas pemakaian semua jenis layanan biasanya meningkat secara signifikan.

Apalagi, ada pula momentum ketika masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung secara serentak di mana-mana, yang memunculkan kemungkinan kepadatan di sepanjang jalur mudik. Termasuk potensi adanya peristiwa kemacetan yang parah seperti tahun lalu, yang dengan sendirinya akan akan berdampak juga pada kebutuhan atas layanan telekomunikasi dan Data.

Uji jaringan yang dilakukan tim XL Axiata secara mandiri telah dilakukan pada jalur kereta utara dan selatan Jakarta– Surabaya, jalan tol pantai utara Jawa, jalan lintas selatan Jawa, lintas utara dan selatan Maduara, lintas barat, tengah dan selatan Sumatera, Lintas Balikpapan–Samarinda, Lintas Banjarmasin–Palangkaraya, Banjarmasin–Barabai, Lintas Pontianak– Singkawang, dan Gilimanuk–Denpasar– Padang Bai.

Uji jaringan sesuai standar yang disarankan oleh pemerintah dilakukan dengan cara melakukan drive test dan customer experience test. Perangkat yang dipakai antara lain adalah TEMS (test mobile system) untuk drive test, dan smartphone untuk customer experience test. Dalam uji jaringan ini, kendaraan yang dipergunakan berjalan dalam kecepatan normal.

Guna memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan yang berkualitas saat merayakan Lebaran, XL Axiata akan melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik/pulang kampung atau berlibur di berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut. Tim XL Axiata juga akan siaga di jalur utama pulang kampung di berbagai daerah, terutama di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa dan jalur Selatan yang rawan dengan kemacetan. (hari)

Be the first to comment

Leave a Reply